Headlines News :
Home » » Komnas HAM RI Minta Polri Lindungi Wartawan di Papua

Komnas HAM RI Minta Polri Lindungi Wartawan di Papua

Written By papua peace on Selasa, 04 Desember 2012 | Selasa, Desember 04, 2012

Jayapura,- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) Republik Indonesia meminta jajaran Polda Papua memberi perlindungan bagi wartawan di Papua dan Papua Barat.
Menurut Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai, perlindungan itu perlu dilakukan Polri, lantaran maranya aksi kekerasan terhadap jurnalis di Papua yang mengalami kekerasan hingga ada yang meninggal dunia.
”Kekerasan terhadap Jurnalis di Jayapura menjadi salah satu masukan penting yang disampaikan Komnas HAM dalam pertemuan dengan  Kapolda Papua di Jayapura., karena Kekebasan Pers itu penting,” katanya usai pertemuan dengan Kapolda Papua di Ruang Cenderawasih, belum lama ini.
Komnas HAM RI beralasan perlindungan terhadap Jurnalis dikarenakan dalam 10 tahun terakhir kebebasan pers di Papua sangat baik. Namun akhir-akhir ini banyak intimidasi yang dialami jurnalis yang diakibatkan pemberitaan cukup tinggi. ”Kalau kekebasan pers yang baik itu bertahan maka sangat positif. Namun kalau ada wartawan yang mengalami kekerasan di papua, itu beritanya sampai internasional. Dan inilah yang tidak boleh terjadi terus,” kata Natalius
Perjuangan ini, menuru Natalius, dilakukan guna memaksimal hak-hak sipil dalam kekebasan pers sangatlah di junjung tinggi, jangan 10 tahun situasi yang baik ini hancur dalam sekejab, karena munculnya pemberitaan soal kekerasan terhadap jurnalis.
Selain minta polda memberikan perlidungan, Natalius juga mengkiritik pemberitaan di Papua yang dianggap tidak berimbang. ”Berdasarkan hasil penelitiannya  pemberitaan di Haedline muncul bukan pemberitaan soal Papua, termasuk apa yang sudah di capai orang Papua. Kalau ada kejadian itu di beritakan berulang-ulang membaut orang berpiikir situasi di Papua ini betul-betul rawan,” tuturnya
Komnas HAM juga meminta kepada Jurnalis di Papua agar munculkan pemberitaan yang posifit dan bersifat membangun. ”Misalnya memberitakan orang Papua yang berhasil dalam bidang pendidikan, swasta atau dalam hal lainnya, sehingga orang tau bahwa orang Papua sedah maju selangkah lebih baik lagi, dengan demikian imparsial pemberitaan semakin terjadi dengan baik,“ ucapnya. (Syaiful)
source:http://www.pasificpost.com
Share this article :

0 komentar:

Apa solusi Atas konflik Papua???

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. RADAR ALAPAME NEWS - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template