Headlines News :
Home » » Waspada terhadap HOAX

Waspada terhadap HOAX

Written By papua peace on Kamis, 03 Januari 2013 | Kamis, Januari 03, 2013

(oleh V. Mambor)
Situasi dan Kondisi Papua dengan beragam dinamikanya tak ayal menjadi ajang praktek Hoax. Sepertinya, pihak2 yang membuat Hoax dengan memanfaatkan persoalan Papua ini tahu betul jika Hoax dan Spam akan sangat cepat beredar di kalangan orang Papua. Akibatnya, banyak orang Papua yang termakan oleh informasi yang sesat dari Hoax yang beredar di dunia maya maupun sms.
Untuk memahami apa itu Hoax, artikel dibawah ini bisa membantu kita.
Hoax adalah berita bohong atau berita palsu. Hoax beredar di mana saja: email, bulletin friendster, Yahoo Messenger, facebook, twitter bahkan SMS.
Bagaimana ciri2 Hoax?
- Topiknya unik. Tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Untuk Papua, ya pasti topiknya sekitar masalah di Papua, terutama masalah kekerasan dan politik.
- Masalahnya mengundang. Hoax dibuat agar orang mengernyitkan dahi dan berupaya untuk memberitahukan teman-temannya. Misalnya:
- Menggunakan istilah-istilah ilmiah atau yang akrab dengan orang Papua. Biasanya pembuat Hoax menggunakan kata-kata yang sering dipersoalkan oleh orang Papua seperti pembunuhan, penembakan, pembantaian dll yang yang sudah diketahui oleh banyak orang. Kadang2 mereka menyertakan data-data berupa angka.
- Menggunakan alamat situs berita di internet
- Memberikan solusi yang tidak masuk akal atau bahkan memprovokasi orang Papua.
- Menggunakan kata-kata ajaib dan bombastis
- Memberikan efek forward. Seolah-olah email ini didapat dari kalangan eksklusif (PBB), atau dari milis yang berkaitan dengan masalah Papua. Biasanya diakhiri dengan ajakan untuk menyebarkan berita tsb.
Bagaimana memeriksa apakah suatu berita itu Hoax atau bukan?
1. Gunakan logika saja.
2. Jika ada link, coba cari di link tersebut
3. Tanyakan pada rekan yang lebih memahami hal ini
4. Tanya tete google
Hoax berada setingkat lebih tinggi daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-anaknya atau istri-istrinya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak.
Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena 'hasil karya'nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industri yang berkaitan mengalami kerugian karena produknya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca hoax tersebut.
Ketahuilah, hanya oportunis yang membuat hoax dan menyebarkannya, dan hanya karena ketidaktahuan, kita memforwardnya.


Source : http://www.facebook.com/leonie.tanggahma
Share this article :

0 komentar:

Apa solusi Atas konflik Papua???

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. RADAR ALAPAME NEWS - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template